BINGUNG LIBUR LEBARAN MAU KEMANA ? DEKAT BANDUNG , YUK KE RANCA UPAS


   Tempat Wisata Di Bandung Selatan ini berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan air laut,sehingga suhu udara di kawasan wisata alam yang masih sangat alami ini sangat dingin dan ekstrim berkisar di 17 derajat Celsius sampe 20 derajat Celsius.Bahkan apabila di malam hari,suhu di sini bisa mencapai suhu terendah di bawah 0 derajat Celsius.

Populer dengan nama Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yang terbaik dan merupakan kawasan bumi perkemahan terpopuler bagi para wisatawan.

Kampung Cai Ranca Upas berada di Ciwidey, Bandung Selatan Jawa Barat. Kurang lebih jaraknya 50 km dari kota Bandung tepatnya di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung. Dari kota Bandung bisa dicapai sekitar 3 jam menggunakan kendaraan bermotor. Letaknya tak jauh dari wisata Kawah Putih. Meskipun cukup jauh dari pusat kota, namun rasa letih di perjalanan akan terbayarkan jika Anda sampai ke tempat ini.

Baca juga sulit dapat izin orang tua saat mau naik gunung ? ini tipsnya

Dulu, destinasi ini bernama Bumi Perkemahan Ranca Upas, dengan daya tarik berupa tempat kemah dan penangkaran rusa. Kini, ditambahkan embel-embel Kampung Cai di depannya, karena telah dibangun kolam renang air panas yang bersumber dari gunung Patuha serta fasilitas lain yang lebih lengkap.

Ranca Upas  memiliki luas area yang sangat luas sekitar 215 Hektar.Sebagai salah satu kawasan Hutan lindung di Bandung,kawasan Upas merupakan sebagai tempat konservasi berbagai macam tumbuhan Flora langka seperti Jamuju, Huru, Hamirug, Kihujan, Kitambang serta  aneka Fauna seperti Burung dan Rusa. 


Jadi apabila anda mencari objek wisata di bandung selatan selain Kawah Putih,Situ Patenggang dan Cimanggu untuk berwisata bersama keluarga,teman atau pasangan dengan tujuan ingin menikmati keindahan alam pegunungan yang sangat indah dan alami serta merasakan sensasi suhu udara yang sangat ekstrim super dingin,penulis merujuk kawasan wisata yang terkenal dengan nama Kampung Cai ini.

Terkenal sebagai kawasan tempat camping yang sangat luas dengan kapasitas mencapai 10.000 ribu orang,sehingga tempat ini sangat begitu leluasa dan anda bisa memilih lokasi atu tempat camping yang sesuai dengan keinginan anda .


Objek Wisata Di Bandung Selatan ini juga adalah salah satu tempat terkenal sebagai konservasi Fauna jenis Rusa yang dibiarkan hidup di alam bebas seperti di habitat aslinya.Menikmati suasana dingin alam pegunungan yang menghampar,sambil melihat serta memberi makanan kepada hewan Rusa bisa menjadi sensasi tersendiri bagi anda .

Tempat Wisata Di Bandung ini juga menyediakan fasilitas bermain serta permainan yang akan menambah sensasi berlibur di tempat wisata menarik di bandung selatan ini.seperti main perahu-perahuan seperti kayak di kolam air dan games seru lainnya yang wajib anda coba.
Harga Tiket Masuk Ranca Upas :
 Perorang Rp.10.000
 Kendaraan Roda 4 Rp.5.000
 Kendaraan Roda 2 Rp.2.000
 Kendaraan Bus Rp.20.000


Tak jauh dari kawasan perkampungan, bisa Anda jumpai area hutan lindung. Di sana terdapat pepohonan seperti pohon Kurai, Pasang, dan Huru yang sudah jarang sekali kita temukan. Selain itu, pengunjung yang beruntung bisa melihat burung-burung yang berkicau indah di dahan pepohonan.

Jika tidak membawa perlengkapan untuk berkemah, jangan khawatir karena ada tempat penyewaan alat-alat perkemahan seperti sleeping bag, dan tenda.


Kampung Cai Rancai Upas menyediakan kegiatan outbound yang diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti games, tantangan, bahkan trekking di hutan. Kegiatan ini biasanya diikuti oleh banyak siswa sekolah untuk acara Persami sekolah atau Pramuka.

Namun, terkadang outbound pun diikuti oleh para karyawan yang mengadakan gathering perusahaan. Di sekitar lokasi outbound disediakan fasilitas seperti toilet, warung, dan tempat beribadah/ masjid.

Fasilitas lainnya seperti life musik, snack, atau pun api unggun bisa disediakan tergantung kebutuhan para pengunjung. Bahkan, jika pengunjung ingin tidur di kasur yang empuk dan makan prasmanan pun bisa. Lengkapnya fasilitas yang dimiliki kawasan ini menjadikannya cocok untuk acara outbound/gathering.











Di area ini pengunjung bisa berendam dengan hangatnya air panas. Betapa nikmatnya berendam air panas di udara yang cukup dingin. Tak jauh dari kolam air panas, terdapat waterboom untuk yang menjadi favorit anak-anak. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, Anda harus membayar lagi sekitar Rp 10.000 untuk waterboom dan Rp 3500 untuk kolam air panas.

Butuh permainan yang lebih menegangkan? Paintball adalah jawabannya. Anda bersama teman satu team bisa merasakan seolah-olah berada di medan perang. Perlengkapan paintball sangat lengkap, serta ada instruktur yang akan memberikan pengarahan sebelum bermain. Manfaat permainan ini tidak hanya memberikan sensasi ketegangan saja, namun juga melatih analisis, kerja sama dan mengambil resiko.


foto-foto ranca upas lainnya bisa dilihat di sini

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer