TAKUT NAIK GUNUNG ?? COBA DEH KESINI PASTI BIKIN KETAGIHAN

 
         Gunung Prau adalah salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia, sehingga tempat ini menjadi tempat favorit pecinta alam untuk kemping sambil menanti golden sunrise yang menawan di Tanah Para Dewa. Dari puncaknya, kamu bisa melihat puncak Sindoro-Sumbing serta Merapi dan Merbabu dari kejauhan. Terletak diantara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Jalur trekking gunung prau bisa kamu lewati dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. untuk jalur pendakian melewati desa patak banteng, terdapat 3 pos selama pendakian. Di pos-pos tersebut para pendaki bisa istirahat untuk mengumpukan tenaga dan mendirikan camp jika akan melanjutkan pendakian beberapa waktu. Biasa di setiap pos ad petugas yang berjaga dan siap memberikan pertolongan jika para pendaki mengalami kesulitan.


         Pos 1 jalur, Sikut Dewo, ini ditandai dengan berakhirnya  perjalanan pendaki menapaki jalan berbatu. Jalan berikutnya sampai ke puncak adalah tanah kuning berdebu. Ketebalan pasir halus (lebih pantas disebut sebagai partikel debu karena mudah melayang) selepas melewati pos 1 tidak begitu tebal. 
Dari sini Anda akan terus menanjak. Jangan khawatir, ada bonus di beberapa titik. Di titik tertentu bahkan ada booooonuuuuuuus atau bonus yang panjang karena trek mendatar yang lumayan jauh. Ingat bahwa pendakian hanya 2 jam  jadi jangan terlalu berharap panjang trek datar lebih dari 50 meter.
Di perjalanan, Anda tak perlu khawatir kehabisan makanan atau air minum. Ada beberapa warung yang menyediakan gorengan, pisang, tongkat, air minum sampai nasi bungkus. Warung terakhir lokasinya setelah tempat pembuangan plastik sebelum pos 2. Setelah pos 2 tak akan ada lagi warung - warung seperti itu. Kalau bekal Anda kurang, beli saja di warung tersebut. Harganya tidak jauh beda dengan harga di minimarket. Lumayan, kan, warung - warung ini bisa diandalkan untuk menambah bekal kalau - kalau bekal anda kurang.
Perjalanan menuju ke pos dua mulai sedikit lebih serius. Setelah warung terakhir, pendaki mulai meninggalkan area perkebunan warga setempat dan masuk ke hutan. Hutan ini tidak begitu rimbun karena tanahnya sendiri hanya selebar 20 - 40 meter, yang ditengahnya bisa dilewati pendaki dengan pohon - pohon tertanam di kedua sisinya sepanjang jalur, sampai atas.
Trek dari pos 2 menuju pos 3 cukup mencuri perhatian Anda, memaksa Anda untuk fokus memilih ke mana kaki Anda harus melangkah. Dengan beban carrier di punggung, Anda harus memilih pijakan dengan baik, supaya tubuh Anda bisa terus seimbang saat melangkah.


           Selain jarak tempuh yang sangat singkat , gunung prau juga dikenal sebagai golden sunrise bagi para pendaki . Ketika matahari mulai muncul, kilauan sinar oranye kekuningan terpapar jelas dari sisi timur. Di depan matahari, keempat gunung lain dengan tegas menggambarkan bahwa penampakan sunrise dari puncak Prau tiada duanya.  Gunung Prau memaksa semua orang mulai keluar dari tenda saat waktu masih subuh. Tak ada yang mau ketinggalan melihat sunrise dari sini, karena memang itulah yang dicari di sini. Ketika garis kuning di ufuk timur masih sangat tipis, memandang langit dari puncak Prau adalah pilihan .

Sunrise gunung prau, itulah yang banyak dicari  oleh para pendaki gunung prau. Siapa yang tidak mengenal keindahan sunrise gunung prau. Sunrise yang memiliki karakteristik kuning keemasan dengan semburat warna biru langit menjadikan sunrise gunung prau termasuk sunrise yang indah.


         Menurut informasi yang dapat dari warga sekitar dieng. Sunrise terbaik gunung prau ini akan muncul ketika peralihan di bulan desember dan januari. Karakteristik sunrise di bulan itu adalah Matahari yang buat dengan garis tepi jelas, cahay merah kekuningan yang indah, berbaur dengan biru langit  dan cuaca langit yang benar-benar bersih dari awan ataupun mendung.

Selain keindahan sunrisenya, gunung rau juga terkenal dengan bukit teletubies nya, yaitu sebuah view sabana di atas gunung prau dengan bukit setengah lingkaran kecil2 seperti pada kartun anak-anak teletubies. View bukit teletabies paling bagus ketika pagi hari dengan sedikit kabut yang menyelimuti.



           So , Masih takut naik gunung ?? Apa takut  ketagihan?? Awas nanti jadi malah candu dan malah menjadi sifat sifat ketagihan sangat kuat. 




 Catatan :
1. Gunung Prau tidak ada sumber air
2. Di Pos 1 dan 2 Terdapat warung
3. Transportasi dari wonosobo basecamp petak banteng sekitar 15000-20000
4. Diusahakan naik gunung prau sekitar bulan Mei - September , untuk mendapatkan golden sunrise

Komentar

Postingan Populer