DEKAT BOYOLALI , MELIPIR KE GUNUNG MERBABU

          Gunung Merbabu berada di wilayah tiga kabupaten di Jawa Tengah yakni Magelang, Boyolali dan Semarang. Gunung ini juga bisa diakses melalui Kota Salatiga. Dari kejauhan (arah timur dan barat), gunung ini tampak selalu berdampingan dengan tetangganya Merapi. Gunung Merbabu sendiri mempunya tiga puncak utama yakni Puncak Trianggulasi, Puncak Kentengsongo serta Puncak Syarif. Masing-masing puncak memiliki pemandangan yang tidak jauh berbeda.

                  Gunung Merapi terlihat dari puncak Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif sehingga pendakian sampai ke puncak gunung ini sangat aman. Jika cuaca sedang bagus, pemandangan di puncak Gunung Merbabu benar-benar akan terlihat aduhai. Gumpalan awan putihnya akan membentuk seperti gelombang pantai yang menawan , keindahan alam di sekitar Gunung Merbabu akan bisa kita nikmati secara maksimal saat di puncak.


                  Perjalanan kali ini saya bersama 11 orang teman melakukan pendakian sekaligus merayakan kemerdekaan di gunung merbabu ,kami melalui jalur wekas dan turun melalui jalur selo . Sebelum pendakian kita harus melakukan persiapan yang matang. Termasuk hal logistik. Di sepanjang jalur pendakian gunung merbabu  kita akan menemukan sumber air di  pos 2 dan ada satu lagi sumber air tapi saya lupa namanya heheh :D :D


              Sejak melangkahkan kaki dari  wekas (titik awal pendakian), kita akan disuguhi pemandangan perkebunan penduduk setempat yang sebenarnya sudah jamak kita temui di bawah , setelah melewati rumah penduduk disetengah perjalanan kita akan dijumapai sebuah makam yang dipercaya sebagai makam yang menemukan kampung tersebut . Kemudian trek tanah mulai kita jumpai sampai menuju pos 1 , selepas pos 1 kita masih terus menanjak dengan trek yang sama sampai menuju pos 2 . Di pos 2 merupakan tempat terbuka dan datar yang mampu menampung puluhan tenda dan disini tempat yang paling cocok mendirikan tenda . Setelah melalui perjalanan kurang lebih  5jam , kami mendirikan tenda di pos 2 dan akan melakukan perjalanan menuju puncak esok hari .






Setelah bermalam di pos 2 , kami menyambut dengan hangat matahari 17 Agustus 2014 . ada ritual kecil disetiap gunung untuk merayakan 17an , seperti upacara pengibaran bendera , serta ada juga yg melakukan perlombaan digunung . Setelah acara sakral 17an selesai kami kembali melakukan perjalanan .


          Dari pos 2 menuju puncak sekitar 5jam . Gunung Merbabu punya pemandangan padang rumput yang begitu spektakuler. Jika melakukan pendakian melalui selo kita akan melewati dua padang rumput yang ditumbuhi oleh bunga edelweis. Jika tidak sedang musim kemarau panjang seperti sekarang ini, pemandangan padang rumput tersebut akan terlihat sangat indah dan menyejukkan mata . Tepat dibawah puncak, kita akan melewati padang rumput yang dipenuhi oleh bunga edelweis. Meskipun tidak seluas Tegal Alun atau Alun-alun Surya Kencana, pemandangan bunga edelweis di Gunung Merbabu tetap istimewa .







Pemandangan dari puncak Gunung Merbabu bak lautan lepas. Awan-awan putih yang melayang-layang di udara adalah ombaknya. Rangkaian pegunungan yang bisa kita saksikan dari puncak akan terlihat seperti sebuah pulau . Dari puncak Gunung Merbabu kita bisa melihat beberapa gunung tertinggi di Jawa Tengah antara lain Triple S (Sindoro, Sumbing, Slamet) serta Gunung Lawu yang tampak seperti negeri cantik dalam cerita dongeng



Galeri foto Merbabu selengkapnya disini

Komentar

Postingan Populer