PENDAKIAN TERAKHIR DI TAHUN 2016 SEKALIGUS PENDAKIAN PERTAMA DI TAHUN 2017

Hallo teman perjalanan , kali ini saya bersama satu orang sahabat melakukan pendakian terakhir di tahun 2016 sekaligus pendakian pertama saya di tahun 2017 . Perjalanan kali ini awalnya saya ingin melakukan pendakian di gunung sindoro , tapi setelah berangkat menuju kota purwekerto
saya mendapat kabar bahwa cuaca disana sedang extreem dan dilarang melakukan pendakian .

Sesampainya di purwekerto saya bersama sahabat akhirnya memutuskan untuk melakukan pendakian ke gunung tertinggi di pulau jawa tengah , yaps akhirnya kita memutuskan untuk melakukan pendakian ke gunung slamet .Perjalanan dari purwekerto menuju basecamp bambangan memakan waktu sekitar 2jam . Sesampainya di basecamp bambangan , kami pun mendapat kabar duka bahwa ada teman pendaki kita yang tersambar petir di sekitar pos 7 Gunung Slamet .

Gunung slamet memilik ketinggan 3428 mdpl dan merupakan gunung tertinggi jawa tengah atau sering dikenal dengan sebutan bapaknya jawa tengah . Di gunung slamet terdapat 9 pos ,  perjalanan saya dimulai dari basecamp sekitar jam 10 pagi . setelah hampir 2jam saya pun sapai di Pos 1 , jalur pendakian dari basecamp menuju pos sangat luaaar biasaaa dimana teman perjalanan akan diberi sambutan hangat oleh ladang pertanian masyarakat setempat .

Jalur pendakian menuju Pos 1

Setelah melewati ladang tersebut , kita akan menjumpai hutan pinus dan sebelum sampai dipos 1 banyak sekali warung di jalur pendakian dari basecamp sampai menuju Pos 1 . Setelah sampai dipos 1 , kamipun beristirahat sejenak sebelum melakukan pendakian kembali , setelah istirahat perjalan kami lanjutkan menuju pos 2 . Jarak dari pos 1 menuju pos 2 memakan waktu hampir satu setengah jam dengan track cendurung nanjaaak terus , bisa dibilang jalur pendakian slamet sama seperti jalur pendakian gunung cikuray bahkan bisa dibilang 2x lipat jalur cikuray . Sekitar jam 2 kita sampai dipos 2 , jangan takut  untuk kehabisan air atau logistik , karena di gunung slamet terdapat warung sampai pos 5 kecuali dipos 4 yaaah .

Jalur Pendakian dari Pos 1 menuju Pos 2

Warung yang terdapat di Pos 2

Sepanjang jalur pendakian gunung slamet kita hanya bisa menikmati lebatnya hutan serta menikmati jalur yg ngga ada bonusnya :D perjalanan kami berhenti di pos 5 sekitar jam 4 dan kamipun mendirikan tenda , karena kami mendapatkan info dari teman pendaki yang turun bahwa di pos 6 dan 7 sudah penuh atau tak ada lahan untuk mendirikan tenda lagi . Setelah mendirikan tenda kami melanjutakan dengan masak memasak seadanya hahaha , berhubung cuma jalan berdua logistik yg kami bawa hanya 1 bungkus spageti ,1 bungkus roti polos, 4 botol air mineral serta kopi dan susu :D . Setelah masak memasak kami memutuskan untuk beristirahat sekaligus menyimpan tenaga untuk
melakukan summit esok pagi , baru beberapa menit mencoba memejamkan mata kami diguyur hujan yang lumayan sangat deras disertai petir yang terdengar begitu dekat dengan tempat ngecamp kita :(. Kita berdua jadi takut sebab kemarin baru saja ada yang tersambar petir digunung slamet :( , tapi alhamdulillah kita berdua seperti nama gunung ini yaitu slamet dari bahaya hujan dan petir .

Pemandangan dijalur pendakian via bambangan

Sekitar jam 2 pagi kamipun terbangun dan bersiap untuk melakukan summit gunung slamet , sebelum melakukan summit para teman perjalanan jangan lupa sarapan dulu yah supaya kita ada energi untuk melakukan summit tersebut . Sekitar jam stengah 3 kita berdua melakukan summit dari pos 5 menuju puncak gunung slamet . setelah melewati pos 6 , 7, 8 dan 9 sampailah kita diplawangan gunung slamet dimana ini merupakan jalur terakhir sebelum menuju puncak gunung slamet . Jalur ini mirip dengan jalur summit merapi , mahameru ataupun rinjani  dimana yang kita temui dijalur ini hanya ada batu batu serta pasir ataupun tanah . Setelah melewati jalur ini sampailah kita berdua dipuncak gunung slamet sekitar pukul 5.30 pagi , sayangnya karna hujan semalam jadinya pagi ini matahari pertama di tahun 2017 belum  nampak saat kami dipuncak :( padahal cuaca sangat cerah huhuhuhu .

Pemandagan di plawangan gunung slamet

Pemandangan di plawangan gunung slamet

Tapi tak ada perjuangan yang sia-sia , perjalanan kita berbuah manis setalah sekitar pukul 6.30 matahari mulai memanjakan kita dengan sinarnya yang begitu dahsyat sekaligus menghangatkan kami  semua yang berada dipuncak gunung slamet tersebut . Setelah berfoto untuk mengabadikan moment-moment dipuncak , kita lanjutkan dengan menyeduh kopi untuk mengahangatkan suasana pagi pertama di tahun 2017 dengan obrolan serta candaan dan dikelilingi megahnya ciptaan
yang maha kuasa ini untuk hambanya .

Dua orang pendaki melakukan sholat subuh dipuncak gunung slamet

Saya bersama sahabat dipuncak gunung slamet

Landscape dari puncak gunung slamet

Sindoro & Sumbing dari puncak gunung slamet

Para pendaki saat di puncak gunung slamet

Plawangan Gunung Slamet

Sekitar jam 9 kitapun kembali menuju camp pos 5 dan bersiap untuk kembali ke basecamp bambangan . dan jam 1 siang kita melakukan pendakian menuju basecamp bambangan sekitar jam 4 kita berdua sampai dipos bambangan .

Notes :
1. Sumber air terdapat di pos 5
2. Pos 1 , 2 , 3 dan 5 terdapat warung
3. Untuk transport dari purwekerto menuju basecamp bambangan bisa mencarter angkot harga kisaran 30-50 rb

Simak foto lengkap saat saya mendaki gunung selamet disini