RIBUAN RINDU JATUH DI PUNCAK GUNUNG SEMERU




     Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pula Jawa , Terletak didesa ranupani lumjang . Di kalangan pendaki, gunung ini sangat populer. Status gunung ini adalah gunung api yang masih aktif . Gunung berketinggian 3676 mdpl ini juga kaya akan cerita keindahannya , Kalau kamu googling dengan keyword 'Gunung Semeru', mesin pencarian pasti dibanjiri cerita-cerita pengalaman menarik mendakai gunung dengan keindahannya .

Saat pendakian pada Agusutus 2016 lalu, saya bersama 6 orang teman melakukan pendakian menuju puncak tertinggi pulau jawa tersebut . Jalur Trek pendakian dari basecamp menuju watu rejang dimulai dengan Jalanan agak landai disamping perkebunan penduduk . ikuti jalur pendakian kekiri, bukan jalur yang masuk ke arah kebun penduduk .

Selanjutnya jalur akan melewati jalan setapak di lereng bukit yang banyak ditumbuhi alang-alang dan juga pohon-pohon tumbang . Setelah berjalan sekitar 5 km menyusuri lereng bukit yang banyak ditumbuhi bunga edelweis, lalu akan sampai di Watu Rejeng. Di sini terdapat batu terjal yang sangat indah. Pemandangan sangat indah ke arah lembah dan bukit-bukit, yang ditumbuhi hutan cemara dan pinus. Kadang kala dapat menyaksikan kepulan asap dari puncak semeru.

Untuk menuju Ranu Kumbolo masih harus menempuh jarak sekitar 4,5 Km . Di Ranu Kumbolo dapat didirikan tenda. Juga terdapat pondok pendaki (shelter). Terdapat danau dengan air yang bersih dan memiliki pemandangan indah terutama di pagi hari dapat menyaksikan matahari terbit disela-sela bukit. Banyak terdapat ikan, kadang burung belibis liar.

 Ranu Kumbolo Gunung Semeru

 Ranu Kumbolo , Gunung Semeru

Ranu Kumbolo Gunung Semeru


Ranu Kumbolo berada pada ketinggian 2.400 m dengan luas 14 ha. Dari Ranu Kumbolo sebaiknya menyiapkan air sebanyak mungkin., karena sumber air hanya ada di ranukumbolo dan sumber mani didekat kali mati .

Ranu Kumbolo , Gunung Semeru

Meninggalkan Ranu Kumbolo kemudian kalian akan mendaki bukit terjal, dengan pemandangan yang sangat indah di belakang ke arah danau . Tanjakan ini dikenal dengan sebutan tanjakan cinta dimana kedua sisinya membentuk seperti hati / love . 

Tanjakan Cinta , Gunung Semeru

Ranu Kumbolo dilihat dari tanjakan cinta

Setelah melewati tanjakan cinta , di depan bukit terbentang padang rumput yang luas yang dinamakan oro-oro ombo. Oro-oro ombo dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah, padang rumput luas dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus seperti di Eropa. Dari balik Gn. Kepolo tampak puncak Gn. Semeru menyemburkan asap wedus gembel.

 Oro oro ombo , Gunung Semeru

 Oro oro ombo , Gunung Semeru

Oro oro ombo , Gunung Semeru

Selanjutnya setelah melewati jalan datar oro oro ombo , mulailah kita memasuki hutan cemara di mana kadang dijumpai burung dan kijang. Daerah ini dinamakan Cemoro Kandang. Di Cemoro Kandang terdapat sebuah warung dan Pos untuk kita beristirahat sejenak .

 Pos Cemoro Kandang

Pemandangan di sekitar Cemoro Kandang

Setelah beristirahat kamipun melanjutkan perjalanan kembali .perjalanan dari pos cemoro kandang menuju Pos Kalimati yang berada pada ketinggian 2.700 m, memakan waktu 2-3 jam . Sebelum sampai di pos kalimati , kita akan menjumapai satu pos lagi yaitu pos jambangan . disini sahabat dapat beristirahat sejenak sekaligus menikmati jajanan yg berada di pos jambangan ini.
Gunung Semeru dilihat dari Pos Jambangan

Setelah melewati pos jambangan baru lah kita sampai di Pos Kalimati , atau pos terakhir gunung semeru . Disini sahabat dapat  mendirikan tenda untuk beristirahat. Pos ini berupa padang rumput luas di tepi hutan cemara, sehingga banyak tersedia ranting untuk membuat api unggun. Terdapat mata air Sumber Mani, ke arah barat (kanan) menelusuri pinggiran hutan Kalimati dengan menempuh jarak 1 jam pulang pergi. 
Kalimati , Gunung Semeru

Di Kalimati dan di Arcopodo banyak terdapat tikus gunung. Untuk menuju Arcopodo berbelok ke kiri (Timur) berjalan sekitar 500 meter, kemudian berbelok ke kanan (Selatan) sedikit menuruni padang rumput Kalimati. Arcopodo berjarak 1 jam dari Kalimati melewati hutan cemara yang sangat curam, dengan tanah yang mudah longsor dan berdebu. Dapat juga kita berkemah di Arcopodo, tetapi kondisi tanahnya kurang stabil dan sering longsor. 

Sebaiknya menggunakan kacamata dan penutup hidung karena banyak abu beterbangan. Arcopodo berada pada ketinggian 2.900m, Arcopodo adalah wilayah vegetasi terakhir di Gunung Semeru, selebihnya akan melewati bukit pasir. Dari Arcopodo menuju puncak Semeru diperlukan waktu 3-4 jam, melewati bukit pasir yang sangat curam dan mudah merosot. 

 Pemandangan dari jalur summit gunung semeru

Trek Summit Gunung Semeru

Puncak Gunung Semeru
 Trek Summit Gunung Semeru

Trek Summit Gunung Semeru

Sebagai panduan perjalanan, di jalur ini juga terdapat beberapa bendera segitiga kecil berwarna merah. Semua barang bawaan sebaiknya tinggal di Kalimati. Pendakian menuju puncak dilakukan pagi-pagi sekali sekitar pukul 02.00 pagi dari kalimati.

Notes
1. Transportasi untuk menuju tumpang , kamu tinggal mencarter angkutan menuju pasar tumpang .
2. Transportasi Tumpang menuju Basecamp Ranupani , kamu bisa menggunakan jeep (Moksen Jeep - +6287759911315)
3. Mata air berada di ranu kumobolo dan sumber mani .
4. Di setiap pos terdapat warung untuk kita beristirahat


Simak foto selengkapnya saat saya mendaki gunung semeru disini


Komentar

Postingan Populer