LAGI DI GARUT ?? JANGAN LUPA MAMPIR KE GUNUNG CIKURAY


         Gunung Cikuray ini  termasuk Gunung tertinggi di kota Garut, dan termasuk Gunung tertinggi keempat di Jawa Barat. Gunung Cikuray ini memiliki ketinggian hampir 3.ooo meter kurang lebih 2.821 mdpl, Gunung  yang membuat saya melehoy. Bila teman perjalanan ingin mencapai puncak 2.821 mdpl , teman perjalanan harus naik diatas bangunan, yang artinya ketinggian Gunung Cikuray ini 2.818 mdpl . Seperti yang saya katakan tadi, Gunung ini termasuk Gunung favorit karena apa ? karena Gunung Cikuray ini selalu dipadati para pendaki mulai dari kota Garut sendiri sampai luar kota sekalipun, apa lagi jika teman-teman stay di Terminal Kampung Rambuutan  pasti banyak sekali kalangan  pendaki yang ingin melancong kesana .



​        
         Gunung Cikuray memiliki 3 jalur pendakian yaitu via jalur pemancara , via bayongbong dan via cikajang , kali ini saya bersama 7 orang sahabat melakukan pendakian gunung cikuray melalui jalur via pemancar . Perjalanan saya dimulai dari terminal kampung rambutan , dimana kita bisa banyak memilih kendaraan bus yang akan mengantar kita ke Terminal Guntur , Garut . Dari terminal garut kita bisa menggunakan angkutan umum jurusan Garut - Cilawu warna  putih abu - abu . Di sepanjang jalan menuju pos pemancar kita akan   disuguhi oleh pemandangan perkebunan teh milik masyarakat sekitar .

Sebelum melakukan pendakianharap melakukan registrasi terlebih dahalu dan  harap chek persiapan yang matang , termasuk hal logistik karena sepanjang jalur pendakian kita hanya menemukan sumber air dari pipa saluran air milik warga , sehingga kita wajib memperhitungkan kebutuhan air selama pendakian . Perjalanan untuk ke puncak cikuray sekitar 5-7 jam tergantung fisik kita masing-masing , perjalanan dari pos pendaftaran menuju pos satu sekitar 1 jam .Perjalan kamipun terus berlanjut menuju pos 2, ditreck ini mulailah memasuki hutan dan tidak kelihatan apapun, tetapi sejuk, adem, itu plus nya .  Setelah memakan waktu kurang lebih 2 jam tidak terasa akhirnya sampai juga di pos 2 . Dipos 2 ini sangat menyenangkan karena kita akan menemukan pipa yang mengeluarkan air. Rata-rata jalur pendakian ke puncak medannya sangat curam, bahkan saking terjalnya jalur, untuk mencari tempat untuk istirahat dan tidur sejenak saja sangat susah .



             Gunung Cikuray memiliki 7 pos , Singkat cerita setelah melakukan pejalanan hampir 5jam kami pun sampai dipuncak gunung cikuray , Di puncak pemandangan sungguh sangat menakjubkan, setelah berjibaku dengan jalur yang terjal dan sangat melelahkan, apalagi sepanjang jalan pandangan tertutup rimbunnya hutan, membuat kita surprise saat tiba di Puncak, seperti halnya seseorang yang ditutup kedua matanya sekian lama dan tiba-tiba setelah dibuka dihadapannya telah terpampang lukisan yang sangat indah .

Pemandangan dengan deretan pegunungan yg sangat indah yang diselimuti kabut tipis, diantaranya gunung Papandayan disebelah barat, gunung Guntur di sebelah utara, dan deretan gunung galunggung dan pegunungan Telaga Bodas disebelah timur laut. Dari puncak juga terlihat sangat jelas kepadatan kota Garut, jika malam hari akan nampak kerlap-kerlip lampu-lampu kota. Tepat di puncak Cikuray terdapat bangunan permanen. Yang mungkin difungsikan sebagai tempat berteduh bagi para pendaki yang tidak membawa tenda. 




          Bangunan itu sangat kokoh dengan ukuran kurang lebih 3x3 meter, dengan atap beton sehingga banyak pendaki yang nekat memanjat ke atapnya. Tapi saat melihat bangunan tersebut saya sendiri sangat heran, gak biasanya ada bangunan tepat dipuncak gunung. Yang membuat seakan menjadi canggung dan mengganggu pemandangan. Sangat mengurangi keeksotisan sebuah puncak gunung, karena biasanya puncak gunung ditandai dengan tugu atau sekedar gundukan batu atau plang/plat bertuliskan "puncak". Dan karena bangunan tersebut suasana puncaknya menjadi pudar alias kurang greget. Saat kami sampai di puncak Cikuray suasanya jadi tak seperti dipuncak gunung pada umumnya, para pendaki banyak yang naik ke atap bangunan tersebut. Untuk view pun jadi terhalang dan kurang luas sudut pandangnya. Tapi apapun itu, tujuan pembanguan gedung itu tentu baik, yaitu untuk berlindung para pendaki dari udara dingin di puncak. Dan saya sendiri sempat memanfaatkan bangunan tersebut saat mendadak turun hujan.


Galeri foto cikuray selengkapnya disini

Komentar

Postingan Populer