LAGI DI JOGJA ?? MAMPIR KE PANTAI SADRANAN


                   Lagi Di Jogja ??? Nggak usah bingung mau kemana , ada banyak sekali destinasi-destinasi yang bisa bikin liburan kamu tak terlupakan di Jogjakarta . Salah satu destinasi yang sering dikunjungi para pelancong adalah Pantai sadranan berasal dari kata ‘nyadran’ yaitu ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta lautan atas rezeki yang telah mereka dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah. 
     Nyadran merupakan salah satu bentuk cara manusia mengingat kuasa-Nya melalui ciptaan-Nya; laut, sungai, gunung, langit, melalui apapun yang kita lihat dan sentuh, begitupun masyarakat sekitar pantai dengan melakukan nyadran melebur kembali ke dalam kuasa-Nya dengan penuh rasa syukur. 

  
              Berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Pantai Sadranan dapat ditempuh kurang lebih selama 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta . Pantai Sadranan merupakan salah satu obyek wisata alam yang banyak digemari untuk berlibur melepas penat dari rutinitas yang sibuk. Namun pantai ini bukan sekedar tempat berwisata saja. Bagi masyarakat sekitar, Pantai Sadranan merupakan tempat untuk mencari nafkah serta sebagai sarana untuk melakukan kegiatan yang bersifat religi yaitu kegiatan yang terdapat unsur religi dan kepercayaan .

  Pantai Sadranan, selain penting sebagai tempat mencari nafkah bagi masyarakat sekitar juga menjadi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Gunungkidul. Sebab selain terkenal sebagai salah satu surga pantai berpasir putih yang terhampar di sepanjang selatan Pegunungan Seribu, Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai yang belakangan ini banyak digemari karena dapat diapit antara Pantai Krakal, Slili, dan Pantai Ngandong. Meskipun begitu, Pantai Sadranan tetap menjadi favorit untuk dikunjungi terutama oleh anak-anak muda.





          Fasilitas di pantai sadranan sendiri cukup lengkap. Mulai dari rumah makan yang menyediakan menu seafood sampai toilet dan akamr mandi juga seudah tersedia. Jika pengunjung membawa rombongan yang cukup banyak di pantai sadranan gunungkidul tersedia sebuah gasebo besar yang muat di isi belasan orang. Sangat cocok bagi wisatawan yang mengadakan pesta di pinggir pantai secara kecil kecilan.
Atau jika membawa rombongan cuma beberapa orang saja atau satu keluarga cukup menyewa gazebo kecil-kecil yang banyak berderet di pinggir pantai sadranan. Atau bisa juga tiduran di pinggir pantai dengan menyewa payung pantai dengan karpetnya. untuk harga biasanya berksiar antara 10.000 sampai 25.000 rupiah.

Di pantai sadranan juga terdapat sebuah penginapan yang berada di atas bukit. Sebuah penginapan yang sangat indah dengan view lautan luas. Atau bisa juga mendirikan tenda di pinggir pantai. Hanya saja pengelola pantai biasanya akan memperingatkan pengunjung jiak membuang sampah bekas camp di pinggir pantai




           Bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Yogyakarta, terutama warga Yogyakarta sendiri, selain dapat menikmati keindahan pasir putih Pantai Sadranan dan beningnya lautan dengan senjanya yang mempesona juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya yang tak kalah menawan beserta terumbu karang yang cantik menghiasi sepanjang bibir pantai dan ikan-ikan yang beraneka ragam.
Menyaksikan semua keindahan itu tentunya dapat mengurangi penat yang membebani, dengan memandang keluasan serta keindahannya mengingat kembali kekuasaan Sang Pencipta agar kita bisa bersyukur dengan apa yang telah diberikanNya.
Di dekat pantai Sadranan juga terdapat sebuah gubuk yang biasa digunakan sebagai untuk melepas penat. Gubuk ini cukup besar, sehingga memuat belasan orang. Gubuk ini sangat nyaman sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman sambil menikmati pemandangan laut.



Catatan : 
1. Untuk menuju ke Pantai Sadranan kita bisa mengambil jalan lewat Pantai Krakal, lalu susuri jalan sepanjang Pantai Krakal ke arah timur sampai menemukan petunjuk jalan masuk menuju area Pantai Sadranan
2. Yang utama kita juga harus menjaga terumbu karang yaitu tidak merusaknya dengan tangan ataupun menginjakkan kaki kita di atas terumbu karang
 

Komentar

Postingan Populer